Minggu, 17 November 2013

investigasi




INVESTIGASI

Pebedaan Talenta dan Skill

Apa yang dimaksud dengan Talenta ? apa perbedaan talenta dengan skill ? mungkin perbedaannya terletak di pengertiannya. Talenta adalah sesuatu yang alami , sebuah kemampuan alami yang lahir dan hidup dalam jiwa manusia sejal lahir , sedangkan skill adalah sesuatu atau keahlian yang didapat dengan beberapa cara ( contonya : belajar dan praktek setiap hari . talenta merupakan sesuatu yang unik dalam jiwa kita , tetapi skill bisa didapatkan melalui apa yang kamu pelajari. Sebagai contoh , jika ibu kamu mendaftarkan kamu ke tempat kursus bermain alat musik atau ayah kamu mengajak kamu untuk bekerja sebagai seorang pengusaha , mungkin anda dapat menjadi handal dalam hal bermain musik atau mungkin menjadi pengusaha yang sukses , tapi bukan bearti kamu akan menjadi ahli atau maestro dalam bermain musik atau menjadi ahli dalam hal berbisnis. 

Untuk menjadi seorang maestro atau ahli dalam bermain musik , kamu butuh ‘ Talenta ‘ dan juga pengabdian , dan talenta bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan mudah. tapi yang pastinya masih ada kemungkinan buat kamu untuk mempelajari dan menunjukan apa yang kamu bisa , dimana kamu tidak punya talenta untuk melakukan hal tersebut. Nah oleh karena itu kita harus mencari tahu dimana letak talenta kita. mungkin kamu punya banyak talenta yang belum kamu temukan sampai sekarang ! dalam buku , Zen and The Art of Making a Living , Laurence Boldt menekankan bahwa dengan menemukan talenta yang ada di dalam diri kamu , kamu bisa menggapai cita-cita kamu.  

Bagaimana kamu dapat menemukan talenta asli yang tersembunyi di dalam diri kamu ? Boldt menganjurkan kalau kamu harus berpikir dan menemukan apa yang kamu suka lakukan. Dengan menemukan akitivitas apa yang kamu suka lakukan , kamu akan mengerti dan mendapatkan petunjuk untuk menemukan talenta yang ada di dalam diri kamu. Ini disebabkan karena dengan menemukan akivitas yang kita sukai , kita akan mengetahui talenta kita yang sebenarnya. Boldt juga menyarankan untuk bertanya kepada diri kamu sendiri tentang apa yang suka kamu pikirkan dan apa yang kamu suka pelajari.

Jika kamu suka membayangkan tentang pakaian atau fashion , atau kamu suka membayangkan lagu dan cerita yang kamu sukai di dalam kepala kamu , disitulah kemungkinan besar letak talenta kamu untuk menjadi perancang busana atau penulis cerita dan lagu yang sebenarnya belum kamu sadari. Apa cita-cita yang seing kamu bicarakan dan ingin mencapainya ? pelajaran apa yang kamu sukai di sekolah atau di kampus ? kamu sering merasakan kenyamanan dan kemudahan waktu kamu mempelajari pelajaran yang kamu sukai dan kamu akan berkembang lebih cepat ketika kamu mempelajari pelajaran yang kamu sukai.bedasarkan pemikiran Boldt , talenta kamu akan kamu rasakan ketika kamu bisa mengekspresikan aktivitas yang kamu sukai , dan secara alamiah kamu akan menikmati aktivitas yang akan mengembangkan talenta kamu.

Boldt juga menekankan bahwa ada perbedaan antara sesuatu yang kamu suka lakukan dalam jangka waktu sementara atau sesaat dengan sesuatau yang kamu suka lakukan dalam jangka waktu yang lama dan membutuhkan sebuah proses. Boldt berkata bahwa sebuah proses dari aktivitas yang kamu sukai akan  memberikan kamu gambaran tentang talenta kamu yang sebenarnya.banyak orang-orang yang suka bernyanyi ( mungkin juga suka bernyayi di kamar mandi , di mobil , atau bernyayi dengan para sahabat) , tetapi jika hanya suka bernyayi dengan berpura-pura menjadi penyayi terkenal di dunia di dalam kamar mandi sangat berbeda dengan menikmati sebuah proses untuk menjadi penyayi terkenal dan professional. 

Pengetahuan yang dimiliki Boldt menerangkan bahwa waktu kamu sedang mencari dan mengejar talenta yang kamu miliki , kamu pasti tidak akan menyukai setiap langkah dalam proses untuk menemukan talenta kamu. Kamu akan merasakan rasa frustrasi dan mengalami kesulitan-kesulitan di setiap prosesnya. Tetapi jika kamu melakukan dan mempraktekan talenta kamu yang sebenarnya , pasti kamu akan menikmati setiap langkah dalam proses untuk mengembangkan talenta asli kamu.

Pada akhirnya Boldt menekaknkan pentingnya sikap dan kreativitas dalam melakukan dan mencari talenta atau bakat yang kamu miliki. Dia berkata kalau langkah pertama dalam menikmati sebuah proses adalah dengan sikap. Menanan sikap baik yang sudah direncanakan sebelumnya dalam melakukan pekerjaan dan selalu gembira disaat ada kesempatan yang kamu miliki untuk mengembangkan talenta atau bakat kamu. Langkah selanjutnya adalah kreativitas. Kreativitas membantu kamu untuk menjadi lebih banyak inspirasi dan inovatif. Ini akan memberikan kamu rasa percaya diri yang kamu perlukan dalam menemukan dan mengembangkan talenta atau bakat kamu yang masih terpendam.

Luangkan waktu untuk menemukan talenta kamu yang masih tersembunyi. Boldt berkata ‘ menemukan talenta atau bakat yang terpendam merupakan salah satu kebahagiaan hidup. Waktu untuk mengekspresikan talenta atau bakat kamu tidak ada batasnya , tidak memerlukan tenaga , dan bisa dilakukan dimana saja. Kamu akan merasakan kebahagiaan dan kamu akan merasakan kenyamanan dalam hidup’.      

 

    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar