Senin, 18 November 2013

opini



OPINI

SEPAK BOLA UNTUK MEMPERSATUKAN MASYARAKAT DAN MEMAJUKAN NEGARA

Sepak bola merupakan salah satu olahraga populer di dunia. Banyak orang-orang yang menyukai dengan olahraga ini , baik melakukannya ataupun menontonnya. Semangat dan kompak dalam bermain menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang suka dengan sepak bola. Karena banyak orang yang suka dengan sepak bola , masyarakat bisa bersatu dan kompak apalagi ketika mereka sedang menonton sepak bola di tv atau secara langsung di lapangan. Ini bisa menjadi salah satu alasan juga untuk mengembangkan dan memajukan sepak bola agar terciptanya masyrakat yang bersatu dan kompak. Dengan terciptanya masyarakat yang bersatu dan kompak , maka Negara tersebut akan menajdi Negara yang kuat dan kokoh.

Sebaliknya , jika sepak bola di suatu Negara hancur atau dibubarkan , kemungkinan besar masyarakat yang berada di dalam suatu Negara tersebut akan mengalami beberapa kerugian dan memberikan dampak negative terhadap masyarakat tersebut. Beberapa kerugian dan dampak negativenya tersebut adalah masyarakat yang negaranya tidak memiliki atau tidak memajukan sepak bolanya akan merasakan adanya kekurangan bagi kebutuhan batin mereka. sebagai contoh anak-anak yangmemiliki talenta atau bakat dalam bermain  sepak bola , mereka tidak bisa menyalurkan talenta atau bakat tersebut dan mereka akan menjadi anak-anak yang berprofessi yang tidak sesuai dengan bakat atau talentanya. 

Tidak hanya itu , hilangnya olahraga sepak bola dalam suatu Negara akan berdampak negative kepada persatuan dan kekompakan masyarakatnya. Sepak bola sebenarnya bisa membuat masyrakat di suatu Negara menjadi kompak dan bersatu karena ketika kita menonton sepak bola ( baik secara langsung di lapangan atau melalui televisi ), kita pasti akan menonton dengan keluarga , teman , saudara dan masyarakat yang lainnya untuk mendukung tim kesayangannya sehingga hal ini bisa membuat masyarakat bersatu dan kompak. Lain lagi ketika olahraga sepak bola dilarang atau bahkan dihapus dari suatu Negara secara tidak langsung akan memberikan kerugian kepada Negara tersebut. Contohnya adalah hilangnya rasa persatuan dan kekompakan di dalam suatu masyarakat atau bahkan dalam suatu keluarga.   



B. mengembangkan sepak bola sebagai olahraga pemersatu rakyat dan Negara
            Sepak bola memang harus dikembangkan dan dimajukan. Dengan dikembangkan dan dimajukannya sepak bola akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat atau Negara tersebut. Jika olahraga sepak bola sukses dikembangkan dan dimajukan oleh suatu Negara , maka otomatis Negara tersebut akan dikenal dan diketahui baik oleh semua Negara yang ada di bumi ini. masyarakat yang ada di dalam Negara tersebut pasti akan merasa bangga dengan negaranya dan hal ini secara tidak langsung akan membuat masyarakatnya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi sehingga mereka akan saling bersatu untuk mencintai dan melindungi negaranya. Ini merupakan salah satu keuntungan dari mengembangkan dan memajukan olahraga sepak bola di suatu Negara. Sebenarnya masih ada keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari mengembangkan dan memajukan  sepak bola ( salah sna ituatu olahraga yang banyak diminati oleh hamper semua masyarakat di dunia ini ).
             
Oleh karena itu memajukan olahraga sepak bola di suatu Negara sangatlah penting untuk menjadikan Negara tersebut lebih kuat dan lebih dikenal oleh Negara-negara lain sehingga Negara yang memajukan olahraga sepak bola tersebut disegani dan dihormati di bumi ini. tidak ada ruginya memajukan olahraga sepak bola untuk suatu Negara.  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar